Sticky note adalah seberkas kertas kecil stationery yg memiliki satu strip pelekat dibelakangnya yang dapat dilekatkan dan dilepas berulangkali. Sticky note ini di desain untuk melekatkan catatan sementara ke dokumen atau permukaan lainnya. Meskipun saat ini tersedia dengan berbagai macam warna, bentuk, dan ukuran, biasanya sticky note berukuran kotak 75mm (3 inch) dan berwarna kuning kenari. Dengan pelekat unik yang tidak terlalu kuat membuat sticky note dapat mudah untuk dilekatkan dan diangkat tanpa menimbulkan bekas.

Sticky notes ditemukan oleh Art Fry, dengan menggunakan pelekat yang dikembangkan oleh rekannya, Spencer Silver. Mereka mendaftarkan merk dagang “Post-it” dan “canary yellow” sebagai warna dagang mereka. Namun saat ini setelah hak patent Art Fry dan Spencer Silver habis, sudah banyak perusahaan-perusahaan lain di dunia ini yang telah mengembangkan sticky notes mereka dan memiliki merk dagang sendiri.

Sudah banyak pengembangan sticky notes ini untuk digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti catatan-2 yang digunakan dalam perkantoran, sekolah, rumah, dan lain-nya. Salah satunya adalah digunakannya sticky note ini sebagai salah satu alat media promosi.

Penggunaan sticky notes sebagai salah satu alat media promosi khususnya di Indonesia belumlah populer seperti alat promosi lainnya. Padahal di dunia, sticky note ini sebagai alat media promosi ini sudah sangat terkenal keefektifannya dan lazim digunakan. Anda dapat mencetak logo, nama, alamat, maupun nomer telepon di sticky notes tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published.